Jumat, 19 Desember 2014
RizVN Follow Us
Follow us on FacebookFollow us on Twitter

Pojok Iman

Bersiap Menyambut Bulan Kitab Suci Nasional

PAROKIKRANJI.ORG - Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) ditetapkan oleh Gereja Katolik Indonesia setiap bulan September. Gereja Katolik di Indonesia mentradisikan bulan September sebagai Bulan Kitab Suci Nasional, dengan tujuan agar umat Katolik meluangkan waktu lebih banyak pada bulan ini untuk membaca dan merenungkan Sabda Allah dalam Alkitab.

Di setiap Keuskupan, akan dilaksanakan berbagai kegiatan untuk mengisi BKSN, mulai dari Paroki, Lingkungan, maupun di kelompok Kategorial. Kegiatan tersebut adalah pendalaman Kitab Suci maupun berbagai kegaiatan perlombaan seperti lomba membaca Kitab Suci, Kuis Kitab Suci, Story Telling Kitab Suci, dll.

Pada tahun 2012 yang lalu, pokok perhatian BKSN adalah tentang mukjizat-mukjizat Yesus. Dan sehubungan dengan mukjizat tersebut Komisi Kerasulan Kitab Suci Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) mencanangkan tema tentang “KEHADIRAN ALLAH DALAM MUKJIZAT YESUS“. Melalui tema tersebut, umat KAJ diajak untuk memahami mukjizat Yesus dan mendalaminya bersama dalam komunitas masing-masing untuk menemukan  kehadiran Allah dalam mukjizat-mukjizat itu.

Dalam mendalami tema tersebut, KAJ menawarkan suatu metode pendalaman yang sudah lama menjadi tradisi Gereja Katolik, yaitu “Lectio Divina”. Metode ini menekankan saat hening untuk mendengarkan Allah bersabda dan menanggapi sabda-Nya dengan berdoa.

Bulan September 2013 sudah sangat dekat, Bulan Kitab Suci Nasional 2013 tahun ini mengusung tema tentang “KASIH ILAHI MEMULIHKAN LUKA KEHIDUPAN”. Tema BKSN 2013 ini telah disampaikan oleh Ketua Seksi Kerasulan Kitab Suci Paroki St. Mikael Kranji, Pak Robby, dalam pertemuan Sosialisasi BKSN 2013 yang diselenggarakan pada hari Sabtu malam, 24 Agustus 2013, dengan dihadiri oleh perwakilan dari seluruh pengurus lingkungan di Paroki Kranji.

Alkitab menjadi acuan, pedoman untuk dapat mengenal pribadi Tuhan dan hidup layak di hadapan-Nya. Tetapi dalam kenyataannya Alkitab menjadi bacaan yang paling tidak populer dalam kehidupan pengikut Kristus. Lebih menarik membaca buku-buku motivasi, ajaran para guru spiritual, kiat-kiat hidup sukses dan bahagia, ketimbang merenungkan Sabda Tuhan setiap hari.

Sudah saatnya kita mengarahkan hati dan diri kita menyambut BKSN 2013. Dengan membaca, merenungkan, dan melaksanakan apa yang disabdakan Allah, membuktikan cinta kita kepada Allah seperti yang dikatakan Yesus Kristus,  “Barangsiapa memegang perintahKu dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh BapaKu dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diriKu kepadanya.” (Yohanes 14:21).

Orang yang menaruh cinta akan selalu berusaha mengenal lebih dalam dan menyenangkan kekasihnya. Pikiran dan tindakannya selalu tertuju kepada yang dikasihi. Begitu pula jika kita menaruh cinta kepada Tuhan. Kita akan selalu berusaha mengenal-Nya dengan lebih baik dan menyenangkan hati-Nya. Pikiran dan tindakan kita mengacu pada hal-hal yang berkenan kepada-Nya.

Selamat menyambut Bulan Kitab Suci Nasional 2013 dan marilah kita merasakan kehadiran Allah dalam hidup kita melalui bacaan Kitab Suci yang akan kita dalami bersama seluruh umat di lingkungan.

 

Andreas Hutomo

Komentar Anda   

 
Dr.Bernardus Hendrani
0 # Dr.Bernardus Hendrani 2013-09-20 13:04
Judul Tema BKSN 2013 KAJ dan judul subtema I,II,III,IV -nya -- menurut pendapat saya sebetulnya bisa diselaraslan dengan penyelenggaraan Ilahi Allah --yang dalam hal ini adalah keempat-empatny a tentang "Penebusan" (Redemption).Sa yang kalau hanya diciutkn menjadi Pertemuan I "Pengampunan" Pertemuan II " Ketidak setiaan pasangan hidup" Pertemuan III "Mengasihi orang tua tanpa harapan" dan Pertemuan IV "Kualitas hidup seorang utusan demi kebaikan bangsa" -- dangkal semuanya.Sedang kan kutipan Alkitabnya dari Perjanjian Lama-- semua adalah dalam maknanya. -- Semuanya tentang "Penebusan".Dan yang paling sulit adalah yang tentan Yehezkiel.
Quote
 
 
Sapto
0 # Sapto 2013-09-12 13:54
Selamat Mengikuti BKSN 2013.
Akan tetapi tahun ini koq ada yg tidak sama Tema nya?
di KAJ bertema :KASIH ILAHI MEMULIHKAN LUKA KEHIDUPAN”.seda ng di Keuskupan Agung Semarang, Medan. Makassar, Keuskupan Bogor, Bandung , Purwokerto,Sura baya.Malang, mengikuti Tema dari LBI ( Lembaga Biblika, Indonesia)denga n Tema : "KELUARGA BERSEKUTU DALAM SABDA" Kutipan Injil nya pun BERBEDA. Disitu ada Kata Pengantar dari Pastor Yosef Masan Toron SVD.
Kami yg dari Paroki perbatasan antara Pondok Indah (KAJ)dan Cinere(Keuskupa n Bogor) jadi heran.Sebelah pakai Tema KAJ dan sebelah pakai Tema dari LBI. Ada apa gerangan ?
Quote
 

Tuliskan Komentar Anda


Security code
Refresh







Designed by: Team Komsos Paroki Kranji - St. Mikael.
Copyright ©2014 Paroki Kranji - St. Mikael. All rights reserved.
Gereja Santo Mikael, Kranji. Jl Bintara Raya No. 38, Kranji, Bekasi Barat 17135. Telepon: 021-88851155.